Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkunjung ke blog matakuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan. Melalui matakuliah ini Anda akan mempelajari cara mengukur penyakit dan menganalisis perkembangan penyakit dalam waktu dan ruang. Epidemiologi Penyakit Tumbuhan merupakan metodologi ilmu penyakit tumbuhan yang sangat penting bagi Anda yang akan memilih Minat Perlindungan Tanaman. Silahkan kunjungi blog secara berkala untuk memeriksa perubahan jadwal tugas dan perkembangan pelaksanaan kuliah. Klik halaman Kuliah Smt Genap 2016/2017 untuk memperoleh informasi rinci mengenai bahan ajar, tugas, praktikum dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan perkuliahan. Sampaikan komentar dan pertanyaan terhadap isi tayangan tulisan untuk digunakan melakukan penilaian tugas dan softskill.
JANGAN LUPA MENULIS KOMENTAR

UNTUK MEMPEROLEH NILAI SOFTSKILL

LAKUKAN SEKARANG JUGA

Klik untuk Mengunduh Bahan Ajar

Klik untuk mengunduh Tips Mengerjakan Tugas 2

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN 1 APRIL 2014

BUKAN APRIL MOP!!!

Pemberitahuan Penting

Ujian semester dilaksanakan pada 1 April 2014. Untuk mengikuti ujian, mahasiswa harus mengunduh: (1) file SOAL UJIAN, (2) file TABEL KERJA 1, (3) file TABEL KERJA 2, (4) file data mosaik, dan (5) file kodeR. Silahkan klik tautan (link) masing-masing untuk mengunduh file tersebut satu per satu. Jawaban ujian terdiri atas file JAWABAN UJIAN, file TABEL KERJA 1, dan file TABEL KERJA 2. Untuk mengunduh dan mengunggah file, baca bagian Ujian Semester pada halaman Kuliah Smt Genap 2013/2014. Perhatikan pemberitahuan mengenai penyampaian komentar untuk penilaian softskill. Penyampaian komentar akan ditutup pada 2 April 2014. Daftar file jawaban ujian yang masuk dapat diperiksa di SINI. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan terhadap Tabel Kerja 1 dan Tabel Kerja 2. Harap ikuti ketentuan yang telah disampaikan tersebut. Sampai taenggat yang ditetapkan, file yang masuk hanya atas nama Dignansia Cimmir. Dengan demikian, file yang diperiksa adalah file yang telah dimasukkan sebelum perbaikan. Kesempatan sudah diberikan kepada mahasiswa untuk melakukan perbaikan, tetapi mahasiswa tidak memanfaatkan kesempatan tersebut.

Selasa, 31 Juli 2012

Hasil UAS EPT Semester Genap 2011/2012 Mengecewakan

Epidemiologi Penyakit Tumbuhan merupakan matakuliah lanjutan bagi mahasiswa yang telah lulus matakuliah Ilmu Penyakit Tumbuhan. Oleh karena itu, mahasiswa perserta kuliah matakuliah ini diharapkan sudah memahami konsep-konsep dasar ilmu penyakit tumbuhan. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan sudah mempunyai dasar-dasar analisis statistika seperti misalnya analisis regresi dan analisis ragam. Tentu saja, seiring dengan penguasaan dasar-dasar analisis statistika ini, mahasiswa diharapkan juga telah menguasai dasar-dasar penggunaan program aplikasi komputer untuk analisis data dan pembuatan kurva. Pengetahuan dasar yang perlu dikuasai oleh mahasiswa peserta kuliah sudah disampaikan pada awal kuliah. Tautan (link) untuk memperoleh sumberdaya untuk mempelajari pengetahuan dasar itu sudah diberikan melalui blog matakuliah. Kesempatan bertanya sudah diberikan seluas-luasnya pada saat kuliah.


Meskipun demikian, hasil kuliah semester ini sungguh di luar dugaan. Mahasiswa bahkan tidak menguasai konsep dasar mengenai ilmu penyakit tumbuhan. Mahasiswa kurang memahami konsep penyakit sehingga dalam mengerjakan tugas, banyak yang menggunakan istilah "diserang penyakit" atau "penyakit menyerang". Penyakit merupakan proses, bukan mahluk hidup, sehingga tidak bisa menyerang. Mahasiswa juga kurang menguasai konsep gejala penyakit yang dalam epidemiologi penyakit tumbuhan digunakan sebagai dasar untuk "mengukur" penyakit. Pada umumnya, mahasiswa tidak bisa membedakan berbagai gejala penyakit dan mencampuradukkannya dengan tanda penyakit. Mahasiswa juga tidak bisa membedakan antara daur patogen dan daur penyakit. Padahal, daur penyakit merupakan konsep yang menjadi dasar dalam mempelajari epidemiologi penyakit tumbuhan.

Mengenai dasar-dasar statistika, mahasiswa ternyata belum mempunyai bekal yang memadai mengenai analisis regresi. Bukan hanya itu, mahasiswa pada umumnya sangat lemah dalam penguasaan metode statistika. Mereka tidak mengerti apa perbedaan dan persamaan antara analisis regresi dengan analisis ragam, apa perbedaan dan persamaan antara analisis regresi dengan analisis korelasi. Mahasiswa memang telah lulus matakuliah statistika, tetapi sama sekali tidak memahami apa itu analisis regresi dan apa tujuan melakukan analisis regresi. Padahal, dalam epidemiologi penyakit tumbuhan analisis regresi merupakan dasar untuk melakukan pemodelan perkembangan penyakit, baik dalam dimensi waktu maupun dimensi ruang. Tanpa menguasai analisis regresi, akan sangat sulit menganalisis perkembangan penyakit, padahal epidemiologi penyakit tumbuhan merupakan matakuliah yang berfokus pada mempelajari perkembangan penyakit.

Yang lebih ironis justeru adalah penguasaan mahasiswa dalam penggunaan program aplikasi komputer untuk melakukan analisis data maupun membuat grafik. Mahasiswa sudah lulus matakuliah aplikasi komputer, tetapi anehnya, amat sedikit yang mampu menggunakan Excel untuk melakukan analisis data. Excel sebenarnya dapat digunakan bukan hanya sebagai tabel lajur guna memasukkan data kuantitatif, tetapi juga untuk melakukan analisis statistika sederhana semacam uji z, uji t, analisis ragam, dan analisis regresi dengan terlebih dahulu menginstalasi data analysis tool pack. Untuk menganalisis data tidak selalu diperlukan program aplikasi khusus semacam SPSS atau SAS. Sayang, mahasiswa tidak mengetahui hal ini mungkin karena sebelumnya tidak ada yang pernah memberitahu bagaimana menggunakan Excel untuk melakukan analisis data. Bahkan, sebagian besar mahasiswa tidak bisa menggunakan Excel untuk membuat grafik dengan benar. Dalam arti, mahasiswa tidak bisa memilih jenis grafik yang tepat untuk tujuan tertentu. Hal ini tentu sangat memiriskan mengingat hal ini justeru terjadi pada era teknologi informasi.

Namun demikian, yang lebih menyedihkan lagi adalah disiplin dan keinginan belajar mahasiswa. Untuk kuliah yang dijadwalkan mulai pukul 8.00, mahasiswa datang pukul 8.30 atau bahkan pukul 9.00. Yang mengagetkan, mereka datang seperti tanpa merasa bersalah, seperti orang penting yang ditunggu-tunggu kehadirannya. Tidak bisa dibayangkan, bagaimana nanti setelah mereka benar-benar menjadi pejabat, tentu merekaakan merasa sebagai orang yang harus ditunggu. Dalam mengikuti kuliah, tidak ada yang mau bertanya, meskipun kesempatan bertanya telah diberikan seluas-luasnya. Kalaupun ada yang bertanya, yang ditanyakan pada umumnya merupakan topik yang tidak dibahas pada saat itu. Hal ini mungkin terjadi karena mereka tidak pernah membaca bahan ajar, padahal bahan ajar sudah disediakan secara online untuk diunduh. Dari seluruh mahasiswa peserta kuliah, tidak lebih dari 30% saja yang meminta sandi untuk mengunduh bahan ajar.

Keadaan memang sudah semakin memburuk dari tahun ke tahun, tetapi sangat terasa setelah program studi digabungkan dan kurikulum diubah menjadi berbasis kompetensi. Entah apa yang salah, tetapi tulisan ini saya buat karena sudah tidak ada lagi tempat untuk mengeluh, bagaimana harus memperbaiki keadaan ini. Saya sudah menyampaikan bahwa memperbaiki kurikulum tidak akan mengubah apa-apa bila fasilitas belajar tidak berubah, tapi siapa yang akan mendengar? Bagi mahasiswa yang penting adalah menjadi sarjana dan bagi manajemen fakultas dan jurusan yang penting adalah menghasilkan sarjana secepat mungkin dan sebanyak-banyaknya. Inilah yang disebut prestasi, tidak peduli apakah luluasannya bisa menggunakan Excel atau tidak.

2 komentar:

  1. saya setuju bahwa bukan hanya soal kurikulum tetapi komitmen dan kesadaran tiap individu mahasiswa dan juga dosennya mengenai apa itu prestasi perlu ditanya ulang. kecepatan tetap diperlukan tapi kualitas jangan dilupakan. semoga bisa ada perbaikan jika mau bekerja bersama.

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Untuk memahami tulisan singkat ini secara lebih tuntas, silahkan klik setiap tautan (link) yang tersedia. Bila Anda mempunyai komentar atau pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini.