Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkunjung ke blog matakuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan. Melalui matakuliah ini Anda akan mempelajari cara mengukur penyakit dan menganalisis perkembangan penyakit dalam waktu dan ruang. Epidemiologi Penyakit Tumbuhan merupakan metodologi ilmu penyakit tumbuhan yang sangat penting bagi Anda yang akan memilih Minat Perlindungan Tanaman. Silahkan kunjungi blog secara berkala untuk memeriksa perubahan jadwal tugas dan perkembangan pelaksanaan kuliah. Klik halaman Kuliah Smt Genap 2016/2017 untuk memperoleh informasi rinci mengenai bahan ajar, tugas, praktikum dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan perkuliahan. Sampaikan komentar dan pertanyaan terhadap isi tayangan tulisan untuk digunakan melakukan penilaian tugas dan softskill.
JANGAN LUPA MENULIS KOMENTAR

UNTUK MEMPEROLEH NILAI SOFTSKILL

LAKUKAN SEKARANG JUGA

Klik untuk Mengunduh Bahan Ajar

Klik untuk mengunduh Tips Mengerjakan Tugas 2

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN 1 APRIL 2014

BUKAN APRIL MOP!!!

Pemberitahuan Penting

Ujian semester dilaksanakan pada 1 April 2014. Untuk mengikuti ujian, mahasiswa harus mengunduh: (1) file SOAL UJIAN, (2) file TABEL KERJA 1, (3) file TABEL KERJA 2, (4) file data mosaik, dan (5) file kodeR. Silahkan klik tautan (link) masing-masing untuk mengunduh file tersebut satu per satu. Jawaban ujian terdiri atas file JAWABAN UJIAN, file TABEL KERJA 1, dan file TABEL KERJA 2. Untuk mengunduh dan mengunggah file, baca bagian Ujian Semester pada halaman Kuliah Smt Genap 2013/2014. Perhatikan pemberitahuan mengenai penyampaian komentar untuk penilaian softskill. Penyampaian komentar akan ditutup pada 2 April 2014. Daftar file jawaban ujian yang masuk dapat diperiksa di SINI. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan terhadap Tabel Kerja 1 dan Tabel Kerja 2. Harap ikuti ketentuan yang telah disampaikan tersebut. Sampai taenggat yang ditetapkan, file yang masuk hanya atas nama Dignansia Cimmir. Dengan demikian, file yang diperiksa adalah file yang telah dimasukkan sebelum perbaikan. Kesempatan sudah diberikan kepada mahasiswa untuk melakukan perbaikan, tetapi mahasiswa tidak memanfaatkan kesempatan tersebut.

Rabu, 03 April 2013

Teknik analisis data epidemiologi penyakit tumbuhan: Analisis ragam belum cukup!

Sampai sejauh ini, Anda tentu sudah menyadari bahwa untuk mempelajari epidemiologi penyakit tumbuhan diperlukan teknik analisis statistika. Selama ini Anda mungkin sudah belajar mengenai analisis ragam. Teknik analisis statistika ini memang berguna, tetapi untuk mempelajari epidemiologi penyakit tumbuhan diperlukan lebih dari sekedar menguji perbedaan. Untuk mempelajari epidemiologi diperlukan teknik analisis untuk melakukan pemodelan kunatitatif dengan dukungan komputer dan bahkan dukungan sistem informasi geografik. Epidemiologi penyakit tumbuhan tidak akan berkembang tanpa dukungan teknik analisis kuantitatif berbasis komputer. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, ke depan epidemiologi penyakit tumbuhan bahkan bidang-bidang ilmu lain sehingga kemampuan seorang dosen dengan latar belakang pendidikan linier dalam bidang perlindungan tanaman saja tidak akan memadai.

Pada artikel berikut diuraikan berbagai teknik analisis data yang diperlukan untuk mempelajari epidemiologi penyakit tumbuhan.
New Applications of Statistical Tools in Plant...
 powered by GoBookee.com

Untuk melakukan analisis data epidemiologi penyakit tumbuhan diperlukan dukungan komputer. Berikut adalah artikel mengenai penggunaan komputer untuk melakukan analisis data epidemiologi penyakit tumbuhan.

A Soft Computing Approach For Epidemiological...
 powered by GoBookee.com
Untuk mempelajari epidemiologi penyakit tumbuhan diperlukan dukungan analisis data spasial dengan menggunakan program aplikasi sistem informasi geografik (SIG). Berikut adalah artikel yang menguraikan penggunaan SIG dalam epidemiologi penyakit tumbuhan.

Applications of Geographic Information Systems...
 powered by GoBookee.com
Ketiga artikel di atas bersama dengan sejumlah artikel lainnya yang berkaitan dengan epidemiologi penyakit tumbuhan dapat diunduh dari SINI, SINI, dan SINI. Materi pendukung epidemiologi penyakit tumbuhan, yaitu ekologi populasi, dapat diunduh dari SINI. Buku Plant Pathology edisi ke-5 oleh George N. Agrios dapat diunduh dari SINI dan materi lainnya dalam bidang ilmu penyakit tumbuhan dapat diunduh dari SINI.

1 komentar:

  1. Menganalisis Data Perkembangan Penyakit dengan Pendekatan Pemodelan Monit, Logit, dan Gompit Menggunakan Excel perlu dipelajari karena dapat memudahkan mahasiswa dalam menghitung hasil pengamatan perkembangan penyakit yang harus di lakukan secara berulang ulang serta harus mampu membedakan penyakit secara polisiklik dan monosiklik,sedangkan pemahamn mahasiswa masih sebatas perhitungan terpisa menggunakan analisis regresi.

    BalasHapus

Untuk memahami tulisan singkat ini secara lebih tuntas, silahkan klik setiap tautan (link) yang tersedia. Bila Anda mempunyai komentar atau pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini.