Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkunjung ke blog matakuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan. Melalui matakuliah ini Anda akan mempelajari cara mengukur penyakit dan menganalisis perkembangan penyakit dalam waktu dan ruang. Epidemiologi Penyakit Tumbuhan merupakan metodologi ilmu penyakit tumbuhan yang sangat penting bagi Anda yang akan memilih Minat Perlindungan Tanaman. Silahkan kunjungi blog secara berkala untuk memeriksa perubahan jadwal tugas dan perkembangan pelaksanaan kuliah. Klik halaman Kuliah Smt Genap 2016/2017 untuk memperoleh informasi rinci mengenai bahan ajar, tugas, praktikum dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan perkuliahan. Sampaikan komentar dan pertanyaan terhadap isi tayangan tulisan untuk digunakan melakukan penilaian tugas dan softskill.
JANGAN LUPA MENULIS KOMENTAR

UNTUK MEMPEROLEH NILAI SOFTSKILL

LAKUKAN SEKARANG JUGA

Klik untuk Mengunduh Bahan Ajar

Klik untuk mengunduh Tips Mengerjakan Tugas 2

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN 1 APRIL 2014

BUKAN APRIL MOP!!!

Pemberitahuan Penting

Ujian semester dilaksanakan pada 1 April 2014. Untuk mengikuti ujian, mahasiswa harus mengunduh: (1) file SOAL UJIAN, (2) file TABEL KERJA 1, (3) file TABEL KERJA 2, (4) file data mosaik, dan (5) file kodeR. Silahkan klik tautan (link) masing-masing untuk mengunduh file tersebut satu per satu. Jawaban ujian terdiri atas file JAWABAN UJIAN, file TABEL KERJA 1, dan file TABEL KERJA 2. Untuk mengunduh dan mengunggah file, baca bagian Ujian Semester pada halaman Kuliah Smt Genap 2013/2014. Perhatikan pemberitahuan mengenai penyampaian komentar untuk penilaian softskill. Penyampaian komentar akan ditutup pada 2 April 2014. Daftar file jawaban ujian yang masuk dapat diperiksa di SINI. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan terhadap Tabel Kerja 1 dan Tabel Kerja 2. Harap ikuti ketentuan yang telah disampaikan tersebut. Sampai taenggat yang ditetapkan, file yang masuk hanya atas nama Dignansia Cimmir. Dengan demikian, file yang diperiksa adalah file yang telah dimasukkan sebelum perbaikan. Kesempatan sudah diberikan kepada mahasiswa untuk melakukan perbaikan, tetapi mahasiswa tidak memanfaatkan kesempatan tersebut.

Rabu, 11 Mei 2011

Melakukan Analisis Statistik dengan Excel

Excel dikenal terutama sebagai program aplikasi yang ditujukan terutama untuk membuat tabel lajur dan melakukan perhitungan yang berkaitan dengan tabel lajur. Jarang diketahui bahwa Excel dapat digunakan untuk melakukan analisis statistik semisal analisis ragam dan analisis regresi. Guna dapat menggunakan Excel untuk melakukan analisis statistik tersebut, terlebih dahulu harus diinstalasi Add-Ins Analysis Toolpack.

Cara menginstalasi Add-Ins Analysis Toolpack berbeda-beda untuk setiap versi Office. Untuk Office 2007, instalasi dilakukan dengan mengklik logo Office di bagian kiri atas layar dan selanjutnya mengklik Excel Options. Pada menu Excel Options, pilih menu Add-Ins pada deretan menu di sebelah kiri. Selanjutnya pilih menu Analysis Toolpack dan klik OK. Menu Data Analysis akan diinstalasi pada pilihan Data.

Untuk menggunakan Excel melakukan analisis statistik, klik pilihan Data Analysis pada menu Data sehingga di layar tampil menu popup Data Analysis:
 
Untuk melakukan analisis regresi, geser bar ke bawah sehingga terlihat pilihan Regression dan klik pilihan tersebut lalu klik OK. Setelah menu Regression dipilih maka akan tampil menu Regression:
Isilah kotak isian yang disediakan sebagai berikut:
  • Input Y Range: klik kotak lalu blok data yang dijadikan peubah Y termasuk judul kolom yang berisi data tersebut
  • Input X Range: klik kotak lalu blok data yang dijadikan peubah X termasuk judul kolom yang berisi data tersebut. Untuk regresi linier berganda, blok data pada beberapa kolom sekaligus.
  • Labels: klik kotak labels bila pada saat memblok data, judul kolom yang berisi data juga ikut diblok (sebagaimana dianjurkan di atas)
  • Constant is Zero: klik kotak bila dikehendaki model dengan nilai b1=0 atau kurva melalui titik 0, bila tidak kotak dibiarkan kosong (tidak diklik)
  • Output Options: sebaiknya pilih Output Range dengan mengklik bulatan di sebelah kiri lalu mengklik kotak di sebelah kanan dan memblok satu sel kosong di bawah sel yang telah berisi data yang akan dianalisis.
  • Residuals: klik kotak Residuals untuk memperoleh nilai sisaan, Standardized Residuals untuk memperoleh nilai sisaan baku, Residual Plots untuk memperoleh kurva sisaan, dan Line Fit Plots untuk memperoleh kurva regresi. Biasanya, cukup diklik Residuals dan Residual Plots.
  • Normal Probability Plots: dibiarkan saja kosong
Setelah semua isian diisi atau dipilih maka klik OK untuk memperoleh hasil analisis regresi.

Untuk menggunakan Exel melakukan analisis statistik, kerjakanlah tugas yang diberikan pada menu HALAMAN LAIN dengan mengklik pilihan Latihan dan Tugas.

11 komentar:

  1. Pada paragraph pertama diakhir paragraph terdapat sebuah kalimat yang tidak jelas maknanya dan kalimat tersebut terjadi kesalahan sebanyak dua kali,yang kedua terdapat pada paragraph kedua diawal paragraph yang maksudnya adalah untuk menjelaskan bagaimana cara untuk menginstalasi program microskop exel

    BalasHapus
  2. Excel dapat membantu kita untuk membuat table lajur.Dengan adanya program excel dapat memudahkan semua program yang mnyangkut dengan perhitungan. Jarang diketahui bahwa Excel dapat digunakan untuk melakukan analisis statistik semisal analisis ragam dan analisis regresi

    BalasHapus
  3. Guna dapat menggunakan Excel untuk melakukan analisis statistik tersebut, terlebih dahulu harus diinstalasi Add-Ins Analysis Toolpack. Untuk menggunakan Excel melakukan analisis statistik, klik pilihan Data Analysis pada menu Data sehingga di layar tampil menu popup Data Analysis dan untuk menggunakan Exel melakukan analisis statistik, kerjakanlah tugas yang diberikan pada menu HALAMAN LAIN dengan mengklik pilihan Latihan dan Tugas.

    BalasHapus
  4. Excel sebagai program aplikasi terutama untuk membuat tabel lajur dan melakukan perhitungan. Jarang diketahui bahwa Excel dapat digunakan untuk melakukan analisis statistik semisal analisis ragam dan analisis regresi. dapat menggunakan Excel untuk melakukan analisis statistik tersebut, terlebih dahulu harus diinstalasi Add-Ins Analysis Toolpack.

    BalasHapus
  5. Menggunakan Excel untuk melakukan analisis statistik semisal analisis ragam dan regresi, sebelumnya harus diinstalasi Add-Ins Analysis Toolpack. Untuk Office 2007, instalasi dilakukan dengan mengklik logo Office selanjutnya klik Excel Options. Pada Excel Options, pilih menu Add-Ins di sebelah kiri. Selanjutnya pilih menu Analysis Toolpack. Untuk analisis statistik, klik Data Analysis sehingga tertampil menu popup Data Analysis.

    BalasHapus
  6. Menu Data Analysis akan diinstalasi pada pilihan Data.Untuk menggunakan Excel melakukan analisis statistik, klik pilihan Data Analysis pada menu Data sehingga di layar tampil menu popup Data Analysis.Untuk menggunakan Excel melakukan analisis statistik, klik pilihan Data Analysis pada menu Data sehingga di layar tampil menu popup Data Analysis.

    BalasHapus
  7. Menu Data Analysis akan diinstalasi pada pilihan Data.Untuk menggunakan Excel melakukan analisis statistik, klik pilihan Data Analysis pada menu Data sehingga di layar tampil menu popup Data Analysis.Untuk menggunakan Excel melakukan analisis statistik, klik pilihan Data Analysis pada menu Data sehingga di layar tampil menu popup Data Analysis.

    BalasHapus
  8. Menurut saya , Untuk melakukan analisis data hasil pengamatan penyakit di lapangan kita dapat menggunakan Add-Ins Analysis Toolpack yaitu program yang menawarkan kemudahan dalam mengolah data- data hasil pengamatan dari lapangan sehingga para peneliti lebih mudah mengolah data tersebut dengan hasil yang akurat.

    BalasHapus
  9. Menurut saya , Untuk melakukan analisis data hasil pengamatan penyakit di lapangan kita dapat menggunakan Add-Ins Analysis Toolpack yaitu program yang menawarkan kemudahan dalam mengolah data- data hasil pengamatan dari lapangan sehingga para peneliti lebih mudah mengolah data tersebut dengan hasil yang akurat.

    BalasHapus
  10. Lebih memudahkan mahasiswa untuk melakukan hasil perhitungan data-data penyakit yang menyerang tanaman dan mengetahui hasil perlakuan.serta melatih kemampuan dari awal sehinga tidak dapat mempersulit diri.

    BalasHapus
  11. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Untuk memahami tulisan singkat ini secara lebih tuntas, silahkan klik setiap tautan (link) yang tersedia. Bila Anda mempunyai komentar atau pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini.