Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkunjung ke blog matakuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan. Melalui matakuliah ini Anda akan mempelajari cara mengukur penyakit dan menganalisis perkembangan penyakit dalam waktu dan ruang. Epidemiologi Penyakit Tumbuhan merupakan metodologi ilmu penyakit tumbuhan yang sangat penting bagi Anda yang akan memilih Minat Perlindungan Tanaman. Silahkan kunjungi blog secara berkala untuk memeriksa perubahan jadwal tugas dan perkembangan pelaksanaan kuliah. Klik halaman Kuliah Smt Genap 2016/2017 untuk memperoleh informasi rinci mengenai bahan ajar, tugas, praktikum dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan perkuliahan. Sampaikan komentar dan pertanyaan terhadap isi tayangan tulisan untuk digunakan melakukan penilaian tugas dan softskill.
JANGAN LUPA MENULIS KOMENTAR

UNTUK MEMPEROLEH NILAI SOFTSKILL

LAKUKAN SEKARANG JUGA

Klik untuk Mengunduh Bahan Ajar

Klik untuk mengunduh Tips Mengerjakan Tugas 2

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN 1 APRIL 2014

BUKAN APRIL MOP!!!

Pemberitahuan Penting

Ujian semester dilaksanakan pada 1 April 2014. Untuk mengikuti ujian, mahasiswa harus mengunduh: (1) file SOAL UJIAN, (2) file TABEL KERJA 1, (3) file TABEL KERJA 2, (4) file data mosaik, dan (5) file kodeR. Silahkan klik tautan (link) masing-masing untuk mengunduh file tersebut satu per satu. Jawaban ujian terdiri atas file JAWABAN UJIAN, file TABEL KERJA 1, dan file TABEL KERJA 2. Untuk mengunduh dan mengunggah file, baca bagian Ujian Semester pada halaman Kuliah Smt Genap 2013/2014. Perhatikan pemberitahuan mengenai penyampaian komentar untuk penilaian softskill. Penyampaian komentar akan ditutup pada 2 April 2014. Daftar file jawaban ujian yang masuk dapat diperiksa di SINI. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan terhadap Tabel Kerja 1 dan Tabel Kerja 2. Harap ikuti ketentuan yang telah disampaikan tersebut. Sampai taenggat yang ditetapkan, file yang masuk hanya atas nama Dignansia Cimmir. Dengan demikian, file yang diperiksa adalah file yang telah dimasukkan sebelum perbaikan. Kesempatan sudah diberikan kepada mahasiswa untuk melakukan perbaikan, tetapi mahasiswa tidak memanfaatkan kesempatan tersebut.

Selasa, 14 Februari 2012

Selamat Datang Mahasiswa Peserta Kuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan Semester Genap Tahun 2011/2012

Selamat datang mahasiswa peserta kuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan semester genap tahun 2011/2012. Terima kasih Anda telah memilih matakuliah ini. Dengan memilih matakuliah ini maka Anda akan belajar bukan hanya untuk memperoleh nilai, melainkan untuk berubah menjadi lebih baik. Anda bukan hanya belajar mengenai penyakit, melainkan belajar untuk mengukur penyakit sebagai bekal untuk melakukan penelitian dalam bidang penyakit tumbuhan. Anda akan mempelajari penyakit sebagai proses dan menggunakan pemahaman mengenai proses tersebut untuk memodelkan perkembangan penyakit sebagai dasar untuk merancang strategi pengelolaan penyakit tumbuhan.


Untuk mempelajari matakuliah ini dipersyaratkan bahwa Anda telah lulus matakuliah Ilmu Penyakit Tumbuhan. Bila Anda belum lulus matakuliah Ilmu Penyakit Tumbuhan, silahkan mengundurkan diri dan lakukan modifikasi. Selain itu, untuk memudahkan mempelajari matakuliah ini Anda harus sudah mempunyai pengetahuan dasar penggunaan program tabel lajur Excel. Excel adalah bagian dari program terpadu Microsoft Office yang terdapat secara resmi atau bajakan di setiap komputer atau Anda juga dapat menggunakannya secara online (cloud computing). Di antara Anda mungkin sudah ada yang sudah menguasai cara penggunaan program ini, tetapi mungkin juga ada yang sama sekali belum pernah menggunakannya. Bagi yang belum pernah menggunakan program ini, mulai saat ini juga, mulailah belajar menggunakan program ini. Program ini memang tidak semenarik Facebook atau Twitter yang membuat orang Indonesia, termasuk juga sebagian besar dari Anda, menyumbang pendapatan terbesar kepada kedua penyedia jasa jejaring sosial tersebut. Tetapi Excel akan membantu Anda untuk dapat mengerjakan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan dalam mengambil matakuliah ini.

Banyak sumber online yang dapat dimanfaatkan untuk belajar Excel. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Ini hanyalah sekedar contoh sumberdaya Internet yang dapat Anda gunakan untuk belajar Excel dalam bahasa Indonesia. Bila Anda adalah benar-benar  mahasiswa universitas berwawasan global, Anda pasti lebih suka belajar dengan menggunakan sumberdaya dalam bahasa Inggris. Silahkan klik learn excel atau excel tutorial dalam kotak pencarian Google maka Anda akan menemukan sumberdaya yang berlimpah.

Selain pengetahuqn menggunakan Excel, Anda juga perlu mempunyai pengetahuan dasar mengenai analisis statistika, terutama analisis regresi. Analisis regresi diperlukan untuk mempelahari hubungan antara satu variable tidak bebas dengan satu atau beberapa variabel tidak bebas. Hubungan kemudian dinyatakan dalam bentuk persamaan. Bila Y melambangkan peubah tidak bebas dan X melambangkan peubah bebas maka analisis regresi dilakukan untuk menentukan hubungan antara Y dengan X dalam bentuk persamaan paling sederhana Y = a + bX + e, di mana a adalah intersep, b adalah parameter bentuk hubungan, dan e adalah galat. Analisis regresi dilakukan untuk menentukan nilai a dan b untuk data X dan Y yang telah diketahui. Analisis regresi biasanya dikerjakan dengan program khusus analisis statistika seperti misalnya SPSS atau SAS. Tetapi analisis regresi juga dapat dilakukan dengan menggunakan Excel. Silahkan baca Melakukan Analisis Statistik dengan Excel sebagai pengantar untuk belajar cara menggunakan Excel dalam melakukan analisis regresi. Bila masih belum cukup, silahkan kunjungi sumberdaya Internet berikut:

Belajar Epidemiologi Penyakit Tumbuhan juga akan menghantarkan Anda ke sistem pembelajaran online. Untuk itu, blog ini adalah sarananya. Selama mengikuti matakuliah ini, Anda perlu melihat blog ini secara berkala sebab segala hal yang berkaitan dengan kuliah, tugas, dan praktikum akan ditayangkan melalui blog ini. Bukan hanya itu, ujian juga akan ditayangkan melalui blog ini. Untuk pengerjaan tugas-tugas tertentu, Anda akan dipandu untuk memasuki situs tertentu melalui blog ini. Tetapi yang paling penting, Anda dapat mengunduh materi presentasi dan bahan ajar melalui blog ini. Hanya saja, bahan ajar diberikan dalam keadaan bersandi. Untuk dapat memperoleh sandi, Anda harus terlebih dahulu mendaftar dengan melalui gadget Mari Bergabung dan setelah itu mengirimkan permintaan sandi melalui email.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk memahami tulisan singkat ini secara lebih tuntas, silahkan klik setiap tautan (link) yang tersedia. Bila Anda mempunyai komentar atau pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini.